USP Daring SPEMDABA

Akibat wabah flu asal Wuhan, Cina, tersebut, lembaga pendidikan seperti sekolah mengharuskan para siswanya untuk belajar di rumah. Untuk itu SMP Muhammadiyah 2 Balongpanggang – Gresik gelar USPBK daring sebagai pengganti UNBK. Empat belas mata pelajaran akan diujikan selama tujuh hari, Senin-Senin (13-20/4/20).  

Sebelumnya, dalam grup WhatsApp (WA) guru SMP Muhammadiyah 2 Balongpanggang – Gresik (Spemdaba), telah diambil kebijakan pelaksanaan USP-BK (Ujian Satuan Pendidikan-Berbasis Komputer) di sekolah yang beralamat di Jalan Raya Kedungpring No. 21 Kecamatan Balongpanggang-Gresik, itu.

Waka Kurikulum Spemdaba Galip Bagus Putranto, S.Pd. mengatakan, dalam pelaksanaan ujian daring memakai aplikasi Moodle.

“Empat belas mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Al-Islam,KMD, Matematika, PKN, dan Bahasa Inggris. Juga ada IPS, IPA, Seni Budaya, Prakarya, PJOK, Bahasa Arab, TIK dan Bahasa Jawa,” ujarnya.

Dalam persiapan ujian daring, persiapannya tidak hanya menyusun jadwal. dan juga menginput soal ke empat belas mapel tersebut dari file Microsoft Word di convert ke blackboard lalu diekspor ke rar kemudian di import ke aplikasi Moodle. Dalam proses input relatif lancar tanpa kendala. “Hanya soal bergambar dan aksara Jawa yang tidak tersedia dalam Moodle.

Kepala Spemdaba Abdul Rahman, S.Pd.  menyatakan, persiapan USP BK daring berjalan baik. “Mudah-mudahan para siswa dapat mengerjakan dengan baik pula nantinya,” tuturnya.

Spemdaba  gelar USPBK daring  karena dampak wabah corona.

Abdul Rahman, S.Pd. juga berpesan agar saat mengerjakan ujian daring para siswa dapat mengikuti instruksi dengan baik. “Perhatikan langkah-langkah pengerjaan soal, agar tidak terjadi kesalahan menjawab,”.

Seluruh soal mata pelajaran berjumlah 45 dan 30 butir. Harapannya, dengan ujian tersebut menjadi salah satu alat ukur kemampuan siswa dalam mengerjakan dengan penuh kejujuran, tanggung jawab, dan percaya diri. Prestasi Penting Kejujuran Lebih Utama (*)

Tulisan ini dipublikasikan di Nilai. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *